Kata Ganti dalam Bahasa Inggris (Pronoun) dan Contohnya

Kata ganti dalam bahasa Inggris yang dikenal dengan sebutan pronoun merupakan kata ganti yang menggantikan kata benda (noun). Pronoun juga merupakan bagian dari part of speech. Jadi Anda juga harus memahami prononoun jika Anda ingin menguasai bahasa Inggris. Contoh kata ganti dalam bahasa Inggris (pronoun) seperti I, she, he, it, they, we.

Kata Ganti dalam Bahasa Inggris (Pronoun)

Ada beberapa macam kata ganti dalam bahasa Inggris (pronoun) yang wajib Anda ketahui.

1. Pronoun yang menggantikan noun sebagai subjek. Seperti I, she, he, it, they, we. Contoh dalam kalimat :

  • She reads a magazine every sunday. (Dia membaca majalah setiap minggu.)
  • You are listening the radio now. (Kamu sedang mendengarkan radio sekarang.)

2. Pronoun yang menggantikan noun sebagai objek. Seperti me, you, him, her, us, them. Contoh dalam kalimat :

  • I will go to Singapore with him.  (Saya akan pergi ke Singapura dengan dia.)
  • I want to go to cinema with you the day after tomorrow. (Saya ingin pergi ke bioskop dengan kamu lusa.)

3. Pronoun yang dipakai sebagai adjective (attributive adjective), digunakan sebelum noun. Seperti my, your, his, her, our, their. Contoh dalam kalimat :

  • This is my horse. (Ini kuda saya.)
  • I want to meet your mother. (Saya ingin bertemu ibu kamu.)

4. Pronoun yang digunakan untuk menunjukan kepunyaan. Seperti mine, yours, his, hers, ours, theirs. Contoh dalam kalimat :

  • This umbrella is mine. (Payung ini milik saya.)
  • That motorcycle is yours. (Motor itu milik kamu.)

5. Pronoun yang dipakai sebagai adverb (kata keterangan). Sering disebut juga reflexive pronouns. Seperti myself, yourself, himself, herself, itself, ourselves, themselves. Contoh dalam kalimat :

  • I brought all the books by myself. (Saya membawa semua buku itu sendiri.)
  • You should finish your homework by yourself. (Kamu harus menyelesaikan PR kamu sendiri.)

6. Pronoun yang tidak tentu. Maksudnya pronoun yang bisa menggantikan noun tunggal ataupun jamak. Seperti what, which, that, who, dan whom. Contoh dalam kalimat :

  • The man who sit there is my father. (Lelaki yang duduk disana adalah ayah saya.)
  • The skirt that I gave you is made in Indonesia. (Rok yang aku berikan kepada kamu dibuat di Indonesia.)

Itulah penjelasan mengenai kata ganti dalam bahasa Inggris (pronoun) dan contohnya yang dapat saya sampaikan. Semoga sekarang Anda sudah paham tentang pronoun. Baca juga kata benda dalam bahasa Inggris pada artikel sebelumnya.

wdcfawqafwef